w3lcom3 to my blog : blog from my inspiration

Google
 

Thursday, October 04, 2007

Mempelajari Bisinis Perusahaan (Bag. 1)

Banyak hal yang bisa dipelajari dari bisnis-bisnis yang sedang berkembang di sekitar kita, hanya saja kita belum bisa melakukan hal yang sama, mungkin karena keterbatasan-keterbatasan yang kita miliki.

Lalu, ada apa dengan bisnis-bisnis yang ada? Saya akan bercerita sedikit tentang prinsip dasar suatu bisnis. Saya akan mulai dari produksi.

Pada dasarnya suatu bisnis selalu mengambil keuntungan yang besar dari produk yang dijual. Misalnya ada suatu produk "X" dengan harga pokok produksi adalah 1000, maka produk tersebut akan dilempar ke pasar dengan harga jual "minimal" 2000. Mengapa hal ini dilakukan? Dengan menjual produk tersebut seharga 2000, maka perusahaan akan memperoleh untuk 1000/produk yang setara dengan harga produk itu sendiri, atau tiap penjualan 1 produk, maka perusahaan akan mendapatkan biaya produksi sebanyak 2 produk. Dengan demikian seandainya dalam perhitungan perusahaan bahwa produk hanya laku sebesar 60% dari total produksi, maka perusahaan akan memperoleh keuntungan sebesar 10% dari total produksi, sedangkan 40% mau dikemanakan, ya terserah. karena perusahaan sudah kembali modal + mendapatkan profit 10%.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home