w3lcom3 to my blog : blog from my inspiration

Google
 

Wednesday, September 26, 2007

Transformasi

Suatu kali, aku, Chuang Tzu, bermimpi bahwa aku adalah seekor kupu-kupu yang terbang kesana-kemari, serasa seperti benar-benar seekor kupu-kupu. Aku hanya menyadari kebahagiaanku sebagai seekor kupu-kupu, tidak sadar bahwa aku Tzu. Begitu terjaga, begini ini adanya, menjadi diriku lagi. Sekarang aku tak tahu apakah aku tadi seorang manusia yang bermimpi menjadi kupu-kupu, atau apakah aku sekarang ini adalah seekor kupu-kupu yang sedang bermimpi jadi manusia. Antara kupu-kupu dan manusia ada sebuah perbedaan. Transisinya disebut “transformasi dari hal-hal material”.

Catatan : Transformasi dari hal-hal material adalah sebuah gagasan Chuang Tzu yang kerap muncul; bahwa segala sesuatu selalu berada dalam aliran (“flow”) yang konstan dan selalu berubah tapi senantiasa merupakan aspek-aspek yang beraneka dari yang Satu.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home