w3lcom3 to my blog : blog from my inspiration

Google
 

Monday, March 26, 2007

Kritik Terhadap Kinerja Team

Team adalah istilah lain untuk sebuah kelompok kerja yang mempunyai tujuan yang sama dan saling bekerja sama. Anggota team seharusnya mengutamakan kepentingan team di atas kepentingan pribadi dan karena hal ini sudah menjadi hukum alam.

Pada kenyataannya, suatu team tidak bisa mencapai hasil secara sempurna, tetapi bisa mencapai "hampir sempurna" karena tidak ada kesempurnaan (perfectness), yang sempurna hanyalah Tuhan.

Dalam sebuah proyek, seorang pemimpin proyek harus bisa memprediksikan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek yang dipercayakan kepada dia. Dan salah satu alasan mengapa seorang pemimpin proyek selalu menargetkan waktu pengerjaan proyek selalu lebih cepat adalah bahwa team tidak bisa bekerja secara optimal. Alasan lainnya sebagai berikut:
  1. Seorang analis tidak memberikan hasil analisa yang lengkap sebelum merancang sistem, sehingga, ketika aplikasi sudah selesai dibuat, tiba-tiba ada request yang ternyata "terlewatkan" saat analisa, ini akan menjadi suatu hal yang merepotkan karena programmer harus melakukan coding ulang
  2. Programmer tidak sempat melakukan testing karena mengejar target.
  3. Kurangnya koordinasi antar anggota dalam team
Masih banyak lagi alasan lain yang menjadi penyebab keterlambatan proyek. Nah, apa yang mestinya dilakukan oleh seorang pemimpin proyek. Setahu saya harusnya seperti ini (baca: terlalu egois) jika proyek itu ditargetkan selesai dalam waktu 3 bulan, maka pemimpin proyek bisa memberikan jatah target kepada anak buahnya misalnya 2.5 bulan, sehingga jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, masih ada waktu 0.5 bulan untuk melakukan perbaikan.

Be Yourself

3 Comments:

  • At 2:28 AM, Anonymous Anonymous said…

    aku gak masuk tim mu lho kris.....jadi bukan aku yak...:))

     
  • At 8:09 PM, Anonymous Anonymous said…

    hehehehe kan PMnya hebat kris, ngerjain 16 modul cuma 8 hari ;)
    eh salah, 10 hari ding. sabtu ama minggu masuk pol

     
  • At 4:16 PM, Anonymous Anonymous said…

    dududududu...
    kamu bukan mengkritik aku kan kris?!
    aku seorang programmer yang baik... hehehe...

     

Post a Comment

<< Home